SELAMAT DATANG DI STASIUN RRI SAMPANG; SEKALI DI UDARA TETAP DI UDARA PRO3

Halaman

Jumat, 23 Maret 2012

Tomcat menyebar di Sampang

Serangan serangga Tomcat atau bahasa latinnya ‘Paederus riparius’ terus menyebar ke sejumlah daerah. Bukan hanya di Jawa Timur, namun kini ke Yogyakarta dan Jawa Barat. Di Kabupaten Sampang sendiri tomcat juga sudah menyebar dan paling banyak di kecamatan Omben.



Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Sampang,Dr.Bakti Setia Tunggal kepada RRI mengatakan sampai saat ini belum banyak puskesmas yang melapor ke dinas kesehatan masalah Tomcat ini. Hanya saja jika memang kasus tomcat ini terus menyebar,pihaknya akan melakukan pengobatan dan juga penyuluhan di setiap wilayah di Sampang.


Seperti di ketahui tomcat ini adalah jenis serangga yang bisa membunuh hama tetapi problemnya adalah menimbulkan alergi kontak ke tubuh manusia. untuk itu, Bakti juga menghimbau agar masyarakat tidak panik,karena tomcat ini tidak mematikan.



Jika bersentuhan dengan serangga ini segera bilas dengan air mengalir dan cuci dengan sabun,apabila terjadi komplikasi lain segera memeriksakan ke puskesmas dan rumah sakit terdekat.



Sementara itu di hubungi via telpon Kepala Dinas Pertanian Sampang Agus Santoso mengatakan belum mendapat laporan keluhan dari warga terkait penyebaran tomcat yang bisa menggangu tanaman.(Ish)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar