SELAMAT DATANG DI STASIUN RRI SAMPANG; SEKALI DI UDARA TETAP DI UDARA PRO3

Halaman

Kamis, 22 Maret 2012

8 orang meninggal akibat penyakit tubercolosis di sampang//

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang di masyarakat sering diidentikkan dengan kurang gizi, daerah kumuh, atau kemiskinan. Karena itu banyak yang merasa “gengsi” ketika mengalami penyakit ini.Saat ini kabupaten Sampang untuk jumlah penderita TB ada sebanyak 520 kasus dengan pemeriksaan dahak positif . Sedangkan Tuberkulosis di luar paru sebanyak 911 kasus .Paling tinggi kasus TB khusus di Kabupaten Sampang ada 2 kecamatan yaitu kecamatan Banyuanyar dan Kedungdung.

Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Sampang, Dr.BAKTI SETIA TUNGGAL mengatakan untuk kasus kematian akibat TB ini ada sebanyak 8 penderita.Berbagai upaya telah di lakukan Dinas Kesehatan di tahun 2012 ini yaitu dengan melakukan pencarian suspect atau pencarian curiga penderita TB ke setiap wilayah di Sampang. Nantinya jika di temukan penderita TB kasus berdahak lebih dari 2 minggu maka akan di jadikan positif penderita TB.

Bakti juga mengatakan bahwa penyakit TB ini adalah penyakit menular dan penularannya melalui bersin atau batuk dan yang menghirup disekitarnya Sedangkan untuk daya tahan tubuh kurang baik akan cepat tertular. Pada pelaksanaannya untuk penderita TB harus segera memeriksakan ke Puskesmas terdekat atau rumah sakit dengan tidak di tarik biaya atau gratis. Dirinya menghimbau agar masyarakat selalu berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Bagi penderita TB sendiri agar selalu minum obat yang teratur sesuai aturan minum ,karena kalau hal tersebut tidak di lakukan mengakibatkan tingkat keberhasilan sembuh rendah.(RN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar